Pemko Medan Tinjau OIF UMSU

Lokasi Penetapan Awal Ramadhan

Pemerintah Kota Medan menjadikan Observatorium Ilmu Falak Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (OIF-UMSU) menjadi tempat pengamatan dan sidang isbat penentuan awal Ramadhan 1437 Hijriyah yang akan dilaksanakan pada Minggu (5/6) di Gedung Kampus Pascasarjana Lantai 7 di Jalan Denai Medan.

Untuk persiapan pelaksanaan pengamatan, Kepala Sub Bagian Agama Pemko Medan mewakili Wali Kota Zulmi Eldin bersama staf meninjau kantor pusat OIF di Lantai VIII Gedung Kampus Pascasarjana UMSU, Rabu (18/5).

"Kunjungan kami ke OIF UMSU untuk memastikan lokasi dan persiapan guna melakukan pengamatan hilal dalam penentuan awal Ramadhan nanti" kata Kassubag Agama Pemko Medan Rizal Dongoran di sela kunjungannya di OIF, kemarin. Dari hasil survei, OIF pantas menjadi lokasi pemantauan hilal karena dilengkapi dengan teleskop yang memadai. Teleskop itu tidak perlu digotong-gotong seperti yang dilakukan panitia sidang isbat selama ini dan dilengkapi tangga lift menuju lantai VII.

Kunjungan Rizal dan staf Pemko Medan ke OIF diterima oleh Rektor UMSU Dr Agussani, MAP didampingi Sekretaris Rektor Gunawan, Ketua OIF UMSU Dr Arwin Juli Rakhmat Butar-butar serta staf OIF. Sesuai jadwal pengamatan dan sidang isbat akan dihadiri Wali Kota Medan Dzulmi Eldin, Ketua MUI, pejabat BMKG.

Rektor Dr Agussani, MAP mengatakan OIF telah memiliki sejumlah teleskop canggih berbasis digital. Teleskop tersebut memudahkan siapa saja yang mengamati hilal meski pada siang hari. Pengamatan dengan menggunakan teleskop OIF dapat langsung terekam komputer dan hasilnya terdokumentasi sehingga menjadi bahan kajian yang hasilnya dapat bermanfaat bagi masyarakat luas. OIF UMSU juga menyediakan ruang wisata dan edukasi bersifat konvensional dan digital yang dapat membuka cakrawala pada dunia ruang angkasa. Fasilitas inilah yang selama ini banyak menarik perhatian masyarakat khususnya pelajar di Kota Medan untuk melakukan kunjungan wisata edukasi.

Dengan demikian, menurut rektor, pengamatan hilal bersama Pemko Medan, MUI dan bekerjasama dengan BMKG tidak hanya bermanfaat untuk masyarakat muslim di Sumatera Utara. Kegiatan ini   juga bagian dari pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi di antaranya melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Rencana menjadikan OIF UMSU sebagai lokasi pengamatan hilal awal Ramadhan disambut baik Rektor UMSU, Dr Agussani, MAP. Menurut dia, rencana itu sangat positif dan pihaknya siap menerima dengan tangan terbuka jika Pemko Medan ingin menjadikan OIF UMSU sebagai lokasi pengamatan hilal penetapan awal Ramadhan.

"Momen pengamatan hilal awal Ramadhan di OIF UMSU juga dijadikan untuk melanjutkan kerjasama antara UMSU dan Pemko Medan yang sebelumnya sudah pernah ditandatangani," katanya.

Kepala OIF UMSU Dr Arwin Juli Rakhmat Butar-Butar mengatakan sesuai pertemuan dengan Kassubag Pemko Medan rangkaian acara pengamatan hilal dan sidang isbat akan disusun oleh Pemko Medan. Hasil sidang isbat akan disampaikan secara terbuka kepada masyarakat luas dan media setelah panitia melakukan pengamatan hilal menjelang Magrib.***

You are here: Home Berita Pemko Medan Tinjau OIF UMSU