Kopertis Serahkan SK Magister Pendidikan Matematika UMSU

Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) Dr Agussani MAP menerima SK Prodi Magister Pendidikan Matematika dari Kementeristek Dikti yang diserahkan melalui Koordinator Kopertis Wilayah I Sumut Prof Dian Armanto.

"Kami bersyukur pada tahun ini UMSU khususnya program Pascasarjana memeroleh izin penyelenggaraan Magister Pendidikan Matematika. Bahkan dalam waku dekat ini juga menyusul magister elektro yang rekomendasinya telah diberikan,” kata Agussani usai menerima SK tersebut, Sabtu (26/11).

Diakuinya, dengan diterimanya SK Prodi Magister Pendidikan Matematika itu merupakan sebuah kesyukuran sekaligus tantangan bagi UMSU.

“Apa yang kita lakukan berdasarkan arahan Kopertis Wilayah I yang mengimbau agar perguruan tinggi swasta (PTS) di Sumut termasuk UMSU, membuka program S2. Ini dilakukan guna menciptakan sumber daya manusia di bidang tenaga kependidikan sekaligus meningkatkan kualitas pendidikan di Sumatera Utara,” katanya.

Untuk itu Agussani menyatakan ucapan terima kasih kepada Kopertis yang telah memberikan bimbingan dan arahan dalam rangka penyelenggaraan pendidikan yang baik di UMSU.

Menurut Agussani, dengan adanya kepercayaan ini patut disyukuri karena ini bagian dari harapan Kopertis untuk menciptakan S2 dan S3 dalam dalam rangka memenuhi kebutuhan di bidang itu.

Menurut dia, capaian yang diraih UMSU ini tidak bisa terjadi tanpa dukungan dan komitmen persyarikatan muhammadiyah. Ini juga tentu tidak terlepas dari bimbingan Kopertis Wilayah I Sumut yang memberi dorongan dan motivasi sehingga PPs UMSU punya gedung kuliah sendiri di Jalan Denai, dan punya manajemen sendiri.
"Alhamdulillah semuanya berjalan baik," ungkapnya.

Agussani juga berharap ke depan UMSU juga akan mendapatkan izin Program Doktor Ilmu Hukum. Jika izin tersebut diberikan, maka UMSU menjadi satu-satunya PTS di Sumut yang memiliki Prodi S3 Ilmu Hukum.

Untuk itu, rektor menegaskan, UMSU berusaha sekuat tenaga bagaimana melakukan peningkatan pelaksanaan proses pembelajaran, kualitas dan sebagainya untuk menuju pembukaan program S3 tersebut.

Pada kesempatan itu, rektor menyebutkan bagi calon mahasiswa yang nantinya akan melaksanakan proses pendidikan S2, sekarang UMSU sudah memiliki tujuh prodi. Lima sudah diselenggarakan dengan akreditasi B, yang 2 masih proses dengan akreditasi C dan menuju akreditasi B.

Disebutkannya, 5 prodi yang diselenggarakan PPS UMSU, yakni Magister Kenotariatan, Magister IImu Hukum, Magister Manajemen, Magister Ilmu Komunikasi dan Magister Akuntansi dan terbaru magister pendidikan matematika dan Elektro.

Pada kesempatan itu Agussani menyatakan ucapan terima kasih kepada Kopertis yang telah memberikan bimbingan dan arahan dalam rangka penyelenggaraan pendidikan yang baik di UMSU

Koordinator Kopertis Wilayah I Sumut Prof Dian Armanto menyatakan bangga akan prestasi dan terobosan UMSU membuka program S2. Kopertis melihat UMSU merupakan salah satu PTS terbaik di Sumut.

"Ditinjau dari kategori dan penelitian yang telah dilakukannya, UMSU telah membuat Kopertis bangga dengan prestasinya yang begitu banyak," kata Dian Armanto.

Sedangkan ditinjau dari senioritas, UMSU salah satu universitas yang senior sehingga pantas berpikir membuka program studi baru, terutama untuk jenjang S2 dan S3.

"Ini awal kebangkitan UMSU yang bisa menjadikan Sumut kaya dengan gelar Master. Tentunya, itu dilakukan seiring dengan perbaikan kualitas dosen yang ada di UMSU," kata Dian Armanto.

Dengan adanya penambahan prodi S2 ini, Kopertis berharap UMSU masuk bagian dari perguruan tinggi cepat mendapat A untuk akreditasi institusinya. Pasalnya, saat ini, PTS di Sumut belum ada yang akreditasi institusinya meraih A.

You are here: Home Berita Kopertis Serahkan SK Magister Pendidikan Matematika UMSU