Orientasi Pendidikan UMSU Pada Penelitian

LP2M Cairkan 30 Persen Dana Hibah Dikti

Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LP2M) UMSU mencairkan 30 persen dana hibah untuk 29 proposal dosen UMSU yang memenangi penelitian Dikti tahun 2015, di ruang rapat Lembaga Penjaminan Mutu Kampus Jalan Mukhtar Basri Medan, Kamis (15/12).

Acara itu dihadiri Rektor Dr Agussani, MAP diwakili WR I Dr Muhammad Arifin Gultom, Ketua LP2M UMSU Dr Muhammad Said Siregar dan Sekretaris T Riza Zamzami, M.Hum. Turut hadir 29 dosen pemenang dana hibah Dikti.

WR I Dr Muhammad Arifin Gultom menyampaikan apresiasi pada dosen-dosen UMSU pemenang dan penerima hibah Dikti. Dia berharap para pemenang penelitian segera menyerahkan laporan lengkap penelitiannya  kepada LP2M sebagai syarat untuk mencairkan sisa dana hibah itu. Sebelumnya rektor telah menyerahkan 70 persen dana penelitian kepada pemenang hibah  di Kampus Pascasarjana Jalan Denai Medan.

WR I  mengatakan 29 proposal  pemenang hibah Dikti 2015 ini menambah daftar dosen UMSU yang menggeluti bidang penelitian dan pengabdian pada masyarakat. Ke depan, lanjutnya, UMSU mengarah pada kampus penelitian sehingga dapat mengubah budaya pendidikan pengajaran yang beorientasi pada penelitian pula. Hal ini sejalan dengan perubahan regulasi Kemenristekdikti yang  terbaru yakni menekankan pada penelitian. Untuk lulusan magister dan doktor harus menerbitkan karya ilmiah penelitian di jurnal terakreditasi dan jurnal internasional. Kebijakan ini sangat positif untuk menciptakan lulusan perguruan tinggi khususnya UMSU semakin bardaya saing.

Ketua LP2M Dr Muhammad Said pada kesempatan itu mengatakan, peluang UMSU meraih dana hibah penelitian setiap tahun semakin  meningkat karena Dikti telah menambah kuota anggaran penelitian dan pengabdian pada masyarakat menjadi Rp10 miliar, menyusul Kemenristek Dikti menaikkan status LP2M UMSU menjadi cluster utama dari cluster madya dengan anggaran Rp2 miliar.

Dr Muhammad Said mengajak para dosen  meningkatkan minat meneliti sehingga cita-cita UMSU menjadi kampus yang unggul di bidang penelitian akan terwujud begitu juga mendorong orientasi pendidikan yang berbasis penelitian. Kesiapan UMSU ke arah sana telah diikuti para dosen yang ditandai dengan semakin banyak proposal penelitian yang lolos setiap tahun. Untuk itu, ke depan sekitar 500 dosen tetap UMSU wajib melakukan penelitian dan pengabdian pada masyarakat. Kebijakan itu ditegaskan rektor untuk menyahuti arah pendidikan yang banyak mengalami perubahan yang mana UMSU terus komit melaksanakannya.

Dr Muhammad Said Siregar menjelaskan, 29 proposal Skim Dikti 2015 yang dimenangkan para dosen UMSU terdiri IPTEK bagi masyarakat, penelitian fundamental, penelitian disertasi doktor,  penelitian dosen pemula serta penelitian hibah bersaing. Sementara untuk usulan penelitian internal tahun 2016, kata Siregar,  LP2M UMSU telah menerima 240 proposal penelitian dosen dan dalam waktu dekat akan diumumkan. (Trq)

You are here: Home Berita Orientasi Pendidikan UMSU Pada Penelitian