Bupati dan Rektor UMSU Tandatangan Bersama Wujudkan Deliserdang Sehat

Foto: Nazib

Bupati Deliserdang H. Ashari Tambunan, Rektor UMSU Dr Agussani, MAP dan seratusan mitra kesehatan lainnya, Sabtu (17/12), menandatangani kesepakatan bersama untuk mewujudkan masyarakat Deliserdang yang sehat pada acara memperingati Hari Kesehatan Nasional Ke-52.

Pada acara yang berlangsung di Puri Triaguna PTPN II Tanjungmorawa itu, Bupati, Rektor UMSU, Ketua DPRD Deliserdang, Kadis Kesehatan dr Aida Harahap, MARS, BPJS, pimpinan-pimpinan rumah sakit pemerintah/swasta serta seratusan kepala Puskesmas se- Deliserdang  secara serentak membubuhkan tandatangan pada kain spanduk warna putih  ukuran 10 meter.  Kain spanduk disiapkan oleh panitia HKN yang terdiri dari  Dinas Kesehatan, para Direktur/kepala rumah sakit, perguruan tinggi termasuk Fakultas Kedokteran UMSU serta mitra kesehatan lainnya.

Turut hadir memeriahkan acara antara lain para SKPD Deliserdang, mahasiswa kedokteran serta staf ahli FK UMSU Prof dr Gusbakti, para dokter kecil,  Ketua Panitia HKN 2016 yang juga Direktur RS Medistra L.Pakam serta Direktur RS PTPN II.

Bupati Deliserdang H Ashari Tambunan menyatakan apresiasinya dilakukan aksi tandatangan bersama antara Pemkab dengan seluruh elemen dan mitra kesehatan. Bupati yakin komitmen ini dapat menyukseskan gerakan masyarakat Deliserdang yang sehat menuju Indonesia kuat seperti tema HKN tahun 2016 yakni Rakyat Sehat Indonesia Kuat. "Mari kita dukung dan sukseskan program ini."

Menurut bupati, kunci menyukseskan gerakan masyarakat Deliserdang sehat adalah membangkitkan pelayanan kesehatan.  Hal itu penting sehingga kemudian akan  terbangun  kemandirian  masyarakat Deliserdang.

Pada acara itu bupati mengingatkan kepada semua pihak bahwa ada masalah dan tantangan yang besar dalam membangun sektor kesehatan yakni  penyediaan sarana dan prasarana, maka Pemkab telah menempatkan sektor kesehatan sebagai salah satu prioritas  utama untuk terus dibangun sejalan dengan diluncurkannya "Gerakan Masyarakat Hidup Sehat "Germas" oleh Presiden Jokowi. "Germas harus dilaksanakan di seluruh lapisan masyarakat  Deliserdang," ujarnya.

Bupati merasa senang keterlibatan penuh UMSU menyukseskan acara HKN bersama Pemkab. Dia berharap Rektor Dr Agussani, MAP terus mendorong Fakultas Kedokteran agar meningkatkan kerjasama dengan Pemkab untuk membenahi sarana dan prasarana serta pelayanan kesehatan di masyarakat Deliserdang. Pemkab, lanjut bupati, sangat membutuhkan partisipasi dari para mitra kesehatan dan mengapresiasi aksi nyata yang sudah dilakukan. "Semuanya untuk masyarakat Deliserdang yang sehat," ujarnya.

Di sela acara, Bupati meninjau stand Fakultas Kedokteran UMSU dan stand lainnya.

Rektor UMSU Dr Agussani  menyatakan langsung kepada bupati bahwa FK sejak awal konsern meningkatkan  kesehatan masyarakat.  Untuk itu program peningkatan layanan kesehatan yang dicanangkan  bupati untuk masyarakat Deliserdang, lanjut rektor, akan terus didukung oleh FK.

Rektor juga melaporkan kepada bupati progres  kerjasama yang menggembirakan antara FK dan  RSUD Lubukpakam serta Puskesmas melalui Dinas Kesehatan. Pada acara HKN,  bupati dan istri didampingi rektor, ketua DPRD serta SKPD menyerahkan hadiah lucky draw berupa sepeda dan kulkas yang disiapkan UMSU kepada pemenang. (Trq)

 

You are here: Home Berita Bupati dan Rektor UMSU Tandatangan Bersama Wujudkan Deliserdang Sehat