UMSU dan Kemenag Kerjasama Tingkatkan SDM

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) dan Kementerian Agama Wilayah Sumatera Utara sepakat untuk menjalin kerjasama dalam bidang peningkatan Sumber Daya Manusia.

Hal itu terungkap dalam pertemuan antara Rektor UMSU Dr Agussani, M.AP dan Kepala Kanwil Kemenag Sumut Dr Tohar Bayoangin di Kantor Kemenag Jalan Gatot Subroto Medan, Rabu (3/5). Rektor hadir bersilaturahim didampingi Wakil Rektor I Dr Muhammad Arifin, M.Hum, Sekretaris Universitas Gunawan, M.Th dan Kepala Biro Administrasi Akademik dan Data Marah Doli, M.Pd disambut penuh kekeluargaan oleh Dr. Tohar Bayoangin didampingi oleh para Kabid dan Kabag di lingkungan Kemenagsu.

Pada kesempatan itu, Rektor Dr. Agussani menyampaikan upaya dan komitmen yang dilakukan oleh UMSU saat ini dalam rangka pengembangan Tri Dharma dan Catur Dharma Perguruan Tinggi. UMSU komit untuk meningkatkan kerjasama dengan instansi pemerintah terutama dengan Kemenag, apalagi saat ini UMSU juga mengasuh Fakultas Agama Islam yang berada di bawah Kementerian Agama.          

Rektor Dr Agussani mengajak Kementerian Agama meningkatkan kerjasama yang dituangkan dalam naskah kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU). Selain itu, Rektor mengundang Kepala Kantor Kemenag Sumut Dr Tohar Bayoangin memberikan kuliah umum untuk memberikan motivasi pendidikan umum dan pendidikan Islam di kalangan pendidik.

Pada kesempatan itu, Kepala Kantor Kemenag Sumut Dr Tohar Bayoangin menyambut baik keinginan UMSU untuk mengadakan kuliah umum. Bahkan Dr Tohar Bayoangin mengapresiasi dengan meminta UMSU agar segera menyelenggarakan kuliah umum dalam waktu dekat.

"Saya menyambut baik dilaksanakan kuliah umum. Dan saya akan hadir ke UMSU," katanya.

Dr Tohar Bayoangin kepada Rektor Dr Agussani menyampaikan apresiasi kepada UMSU yang komit dalam hal pengembangan dunia pendidikan dan SDM melalui studi lanjut ke jenjang Strata 1 (tenaga kependidikan/FKIP), Pendidikan Guru Raudhatul Anfhal sampai ke jenjang Magister Ilmu Matematika dan Manajemen Pendidikan. Dr Tohar Bayoangin mendukung sejumlah guru mengambil studi lanjut ke UMSU.

Program peningkatan SDM aparatur di Kemenag Sumut, lanjut Dr Tohar Byoangin, menjadi konsentrasi saat ini seperti dikenal dengan program 5.000 doktor se-Indonesia. Dr Tohar Bayoangin juga menyampaikan komitmennya untuk membantu semaksimal mungkin upaya UMSU yang terus berbenah.

Dr Tohar Bayoangin mengaku gembira UMSU telah menyelenggarakan Prodi Magister Ilmu Matematika dan Manajemen Pendidikan serta sebentar lagi dalam waktu dekat membuka program doktor Ilmu Hukum. Dia berharap jajarannya dapat melanjutkan studi ke jenjang magister untuk meningkatkan SDM. "Saya ucapkan selamat atas bertambahnya program studi baru di UMSU," ujarnya.

You are here: Home Berita UMSU dan Kemenag Kerjasama Tingkatkan SDM