RSU Deliserdang Ditetapkan Sebagai RS Pendidikan Utama FK UMSU

Foto: Nazib

Kementerian Kesehatan RI menetapkan RSU Deliserdang telah memenuhi standar sebagai rumah sakit pendidikan utama bagi Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU). Rektor UMSU Dr Agussani, MAP, dalam satu acara peresmian beberapa unit layanan kesehatan di RSU Deliserdang, Selasa (16/5), menyerahkan langsung sertifikat dari Kemenkes kepada Bupati Deliserdang H Ashari Tambunan didampingi Kadis Kesehatan Deliserdang dr Aida Harahap dan Direktur UPT RSU Deliserdang dr Hanip Fahri, M.Ked., Sp.KJ. Turut mendampingi Rektor UMSU yakni WR I Dr Muhammad Arifin Gultom, Staf Ahli Rektor Bidang Kesehatan Prof Dr Gusbakti dan Dekan Fakultas Kedokteran UMSU dr Ade Taufiq, SPOG. Turut hadir di antaranya Wakil Direktur RSUD Deliserdang dr Dameria Ginting dan dr Asriluddin Tambunan, SpPD, pejabat SKPD se Kab. Deliserdang, masyarakat, Ketua BNN Deliserdang Joko Susilo serta unsur PMI.

Bupati Deliserdang H Ashari Tambunan menyatakan rasa gembira telah menerima sertifikat RSU Deliserdang sebagai rumah sakit pendidkan utama dari Kemenkes. Bupati mengapresiasi kepada semua pihak terutama kepada UMSU mendukung dan menyerahkan sertifikat rumah sakit pendidikan utama. Dengan ada pengakuan dari Kemenkes ini akan mendorong dan memotivasi seluruh SDM yang ada di RS bekerja dengan maksimal dalam meningkatkan capaian standar mutu pelayanan kesehatan guna mewujudkan kesehatan semua lapisan masyarakat Deliserdang. Selain itu dengan diresmikannya dan revitalisasi beberapa unit layanan di RSU Deliserdang, maka masyarakat dapat memanfaatkan fasilitas kesehatan tersebut seperti unit hemodialisa, ICU, perawatan intensif anak berkembang, unit narkoba, unit pelayanan jantung dan stroke.

Rektor UMSU Dr Agussani, MAP mengatakan UMSU tetap komit untuk meningkatkan mutu layanan kesehatan di RSU Deliserdang sesuai visi misi bupati Deliserdang Ashari Tambunan. Pengakuan dan penyerahan sertifikat Kemenkes kepada bupati merupakan hari bersejarah. Dalam waktu singkat, kerjasama yang dibangun antara Fakultas Kedokteran dan UMSU dengan Pemkab, Dinas Kesehatan dan UPT RSU Deliserdang telah mampu mengubah wajah pelayanan kesehatan di RSUD lebih baik. Sebelumnya tim Fakultas Kedokteran UMSU dengan UPT RSU Deliserdang dan Dinas Kesehatan bersama-sama meyakinkan asesor dari Kemenkes untuk mengeluarkan sertifikat dan SK penunjukan sebagai rumah sakit pendidikan utama. Kemudian, UMSU dan Pemkab komit akan terus meningkatkan status rumah sakit yang saat ini terakreditasi dengan bintang empat menjadi bintang lima sesuai arahan bupati. RSU Deliserdang satu-satunya rumah sakit di luar kota Medan meraih akreditasi bintang empat utama dan meraih status rumah sakit pendidikan utama dari Kemenkes RI. Usai acara, Rektor UMSU Dr Agussani, MAP bersama Bupati Ashari Tambunan dan SKPD meninjau sejumlah unit layanan yang baru. Acara dimeriahkan tarian tor-tor bersama.

 

You are here: Home Berita RSU Deliserdang Ditetapkan Sebagai RS Pendidikan Utama FK UMSU