Rektor UMSU : “Penelitian Merupakan Ujung Tombak Perguruan Tinggi”

Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) Drs. Agussani, M.AP membuka secara resmi acara Sosialisasi dan Launching Penelitian Internal UMSU yang diselenggarakan di Auditorium Kampus Utama Jln Kapten Mukhtar Basri No. 3 Medan, Selasa (16/08-2011).

Agussani dalam kata sambutannya antara lain mengatakan bahwa penelitian merupakan salah satu pilar penting bagi Perguruan Tinggi seperti yang termaktub dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi dan juga menjadi penentu keberhasilan dan kesuksesan bidang akademik, karena penelitian yang dihasilkan dosen merupakan tolok ukur kualitas sebuah Perguruan Tinggi.

Menurut Agussani, setiap dosen wajib mengikuti perkembangan ilmu dan teknologi modern disamping juga melakukan penelitian tentang fenomena dan isu yang terjadi ataupun berkembang di tengah-tengah masyarakat yang dapat memberikan kontribusi bagi peradaban manusia.

“Kegiatan penelitian menjadi sesuatu yang tidak bisa ditawar-tawar lagi dalam kehidupan Perguruan Tinggi karena merupakan ujung tombak dalam usaha menggali dan menyebarkan informasi baru. Kegiatan penelitian juga bermanfaat bagi dosen sebagai peneliti, sebab selain untuk menambah jejak rekam yang nantinya berguna untuk menunjang kepangkatan, penelitian juga akan memberi kepuasan tersendiri karena sudah ikut membantu berbagai pihak untuk pemecahan masalah (solusi)”, tandas Rektor UMSU Drs. Agussani, M.AP.

Humas UMSU Drs. Anwar Bakti kepada wartawan mengatakan bahwa kegiatan Sosialisasi dan Launching Penelitian Internal UMSU diikuti sebanyak 150 peserta dari dosen di lingkungan UMSU berlangsung sehari penuh mulai dari pagi hingga sore harinya. Disebutkannya, Ketua Panitia kegiatan tersebut adalah Ketua Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (PPPM) UMSU Prof. Dr. Alesyanti, M.Pd, MH.

Lanjut Anwar, narasumber dalam kegiatan ini sebanyak 3 orang yakni Prof. Dr. Ir. Lili Warly, M.Agr dari Direktorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (Dit Litabmas) Pendidikan Tinggi Kementrian Pendidikan Nasional RI dengan makalahnya bertopik “Pencegahan dan Penindakan Plagiat di Perguruan Tinggi”, Wakil Rektor III UMSU H.M. Arifin Gultom, SH, M.Hum dengan makalahnya bertopik “Kebijakan Universitas Dalam Pengembangan Bidang Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat” dan Ketua PPPM UMSU Prof. Dr. Alesyanti, M.Pd, MH dengan makalahnya bertopik “Teknis Pelaksanaan Program Penelitian UMSU”.

Prof. Dr. Ir. Lili Warly, M.Agr dalam menyajikan makalahnya memaparkan tentang Ciri Peneliti sejati, Tata nilai (Etika) dalam Penelitian Ilmiah, Beberapa perbuatan tercela yang sering dilakukan Peneliti, Peluang terjadinya plagiat dalam penelitian dan Permendiknas No. 17 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Plagiat di Perguruan Tinggi.

Disebutkannya, dalam Permendiknas tersebut dijelaskan bahwa plagiat adalah perbuatan secara sengaja atau tidak sengaja dalam memperoleh kredit atau nilai untuk suatu karya ilmiah, dengan mengutip sebagian atau seluruh karya dan/atau karya ilmiah pihak lain dan mengakui sebagai karya ilmiahnya, tanpa menyatakan sumber secara tepat dan memadai. Sedangkan plagiator adalah orang perseorangan atau kelompok orang pelaku plagiat, masing-masing bertindak untuk diri sendiri, kelompok atau untuk dan atas nama suatu badan.

“Permendiknas No. 17 Tahun 2010 memotivasi dan mendorong Pimpinan Perguruan Tinggi untuk melakukan tindakan preventif agar tidak terjadi plagiat di lingkungan Perguruan Tingginya atau juga tindakan represif dengan menjatuhkan sanksi kepada si plagiator guna mengembalikan kredibilitas akademik Perguruan Tingginya,” ujar Prof. Lili Warly.***

You are here: Home Berita Rektor UMSU : “Penelitian Merupakan Ujung Tombak Perguruan Tinggi”